SOAL :
1. Bandingkan dan kontraskan aktivitas yang terlibat dalam formulasi strategi dan implementasi
strategi.
1. Succes : Merupakan hasil yang paling diidamkan-idamkan oleh setiap perusahaan. Situasi ini dapat terjadi jika
formulasi strategi perusahaan disusun dengan baik begitu juga dalam implementasinya.
2. Trouble : Merupakan situasi di mana perusahaan menyusun formulasi strateginya dengan baik namun implementasinya buruk.
3. Roulette : Merupakan situasi di mana perusahaan kurang baik dalam memformulasi strateginya, namun perusahaan melakukan implementasi yang cukup baik.
4. Failure : kondisi ini sangat tidak dinginkan oleh perusahaan. Hal ini terjadi karena strategi perusahaan tidak diformulasikan dengan baik, demikian juga dalam implementasinya.
FORMULASI
STRATEGI
IMPLEMENTASI STRATEGI
1. Perumusan strategi adalah memposisikan kekuatan sebelum dilakukan tindakan 1. Implementasi strategi adalah mengelola kekuatan yang memanage semua aspek selama tindakan dijalankan
2. Berfokus pada efektivitas 2. Berfokus pada efisiensi
3. Lebih merupakan proses intelektual 3. Lebih merupakan proses operasional
4. Membutuhkan keahlian intuitif dan analisis yang tajam 4. Membutuhkan motivasi khusus dan keahlian kepemimpinan
5. Membutuhkan koordinasi diantara beberapa individu 5. Membutuhkan koordinasi diantara banyak individu
2. Maskapai berdiskon bersaing lebih agresif dengan Singapore Airline. Bagaimana Singapore
Airline bisa menjadi yang terbaik bersaing dengan para pesaing ini?
1. Pramugari yang sangat ramah dan membimbing penumpang hingga kursi pesawat2. Untuk kelas bisnis, penumpang disediakan bantal dan selimut.
3. Pesawat ini dilengkapi dengan rak untuk menaruh majalah di setiap sisi kursi.
4. Setelah penumpang duduk, pramugari akan membawakan Anda handuk panas. Pemberian handuk ini biasanya dilakukan sebagai compliment dan standar pelayanan pada awal penerbangan.
5. Setiap penumpang bisa menonton televisi selama penerbangan.
6. Sajian hiburan yang disediakan maskapai di masing-masing televisi sangat baik.
7. Film yang tersedia pun sangat beragam.
8. Terdapat panduan bagaimana menjelajahi kota Singapura, New York dan kota-kota lainnya di dunia.
3. Manajemen strategis adalah tentang meraih dan mempertahankan keunggulan kompetitif.
Jelaskan apakah Anda setuju atau tidak setuju, jelaskan dengan bantuan contoh.
saya setuju , karena kita akan menerapkan hal berikut yang telah kita perjuangkan.
yaitu seperti:
1. Strategi Kepemimpinan Biaya (Cost Leadership Strategy) Menjadi produsen rendah biaya dalam menghasilkan barang dan jasa, atau membantu menurunkan biaya bagi pemasok dan pelanggan, sehingga pesaing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi.
2. Strategi Diferensiasi (differentiation strategy) Mengembangkan cara-cara untuk membedakan produk dan layanan dari para pesaing atau mengurangi keunggulan diferensiasi dari pesaing. Strategi ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada produk atau jasa untuk memberikan keuntungan dalam segmen pasar yang unik/niche market.
3. Strategi Inovasi (innovation strategy) Menemukan cara baru dalam melakukan bisnis. Strategi ini dapat melibatkan pengembangan produk dan atau jasa yang unik guna memasuki pasar yang unik /niche market. Hal ini juga dapat melibatkan perubahan radikal dalam proses bisnis untuk memproduksi atau mendistribusikan produk dan layanan dari mayoritas jenis dan cara yang ada.
4. Jelaskan bagaimana dan mengapa perusahaan menggunakan jejaring sosial hari ini untuk
mendapatkan keunggulan kompetitif. Pemasaran Melalui Media Sosial Tidak Membutuhkan Biaya Pemasaran yang Besar
• Melalui Media Sosial, Bisnis Anda Dapat Diketahui Lewat Hasil Pencarian Internet
• Membantu Anda Melakukan Pelayanan atau Customer Service
• Menghubungkan Anda dengan Bisnis Lain
• Melalui Media Sosial, Konsumen Dapat Memvalidasi Bisnis Anda
5. Mengapa pola konsumsi menjadi serupa di seluruh dunia? Apa implikasi strategis dari
tren ini?
Dampak terbesar dari belanja dalam jaringan terhadap bisnis ritel tidak muncul secara langsung, tetapi melalui rumah tangga yang sekarang semakin disiplin dalam mengatur anggaran. Untuk jalan-jalan, misalnya, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga perlu menabung.
Siklus belanja berubah, penghematan dilakukan dengan mengurangi pembelian barang-barang tahan lama, seperti pakaian, sepatu, dan barang-barang elektronik. Pertumbuhan industri barang elektronik telah merosot tajam dari puncaknya pada triwulan I-2012 sebesar 14,9 persen per tahun menjadi minus 1,8 persen pada triwulan III-2018.
Menghadapi hal ini, pengusaha ritel perlu mengubah strategi menjadikan pusat-pusat perbelanjaan ke arah campuran antara ritel dan tempat rekreasi. Bagi pemerintah, pergeseran tingkah laku menuju konsumsi pengalaman ( leisure) ini merupakan potensi sumber pertumbuhan baru.
Belanja konsumsi pengalaman di dalam negeri mempunyai kandungan impor relatif rendah dan berpotensi ekspor (pariwisata) yang tinggi. Jika dikelola dengan baik, pergeseran selera ini dapat digunakan untuk membantu mengurangi defisit neraca berjalan.
5. Mengapa beberapa industri lebih "global" daripada yang lain? Jelaskan
• Mengurangi Biaya: Banyak cara yang telah dilakukan oleh perusahaan yang beroperasi secara internasional untuk dapat mengurangi berbagai biaya antara lain dengan:
o Pemilihan lokasi yang menyediakan biaya tenaga kerja rendah.
o Peraturan pemerintah yang lebih longgar
o Pengurangan pajak dan tarif mendorong operasi di negara lain
o Pembentukan zona perdagangan bebas
o Perjanjian dagang, sehingga membantu mengurangi tariff
• Memperbaiki Rantai Pasokan: Dengan menempatkan fasilitas di negara dimana sumber daya tertentu berada maka pengelolaan manajemen rantai pasokan dapat lebih terjamin.Sumber daya ini bisa jadi berupa keahlian, pekerja, atau bahan baku
• Menyediakan Barang & Jasa yang lebih baik: Karena karakteristik produk yang diinginkan konsumen sangat bervariasi dan ditentukan oleh masing-masing lokasi maka banyak perusahaan yang beroperasi secara internasional menempatkan diri di negara dimana produknya dipasarkan misalnya disesuaikan dengan budaya yang berlaku
• Menarik Pangsa Pasar Baru: Pemahaman tentang pasar tidak hanya membantu meningkatkan penjualan, tetapi juga menjadikan organisasi tersebut mampu melayani pelanggan yang beragam dan memperlancar siklus bisnis. Seperti perusahaan yang wilayah pemasarannya di dalam negeri sudah terbatas maka dapat memanfaatkan pasar luar negeri yang masih terbuka.
• Belajar Untuk Memperbaiki Operasi: Banyak perusahaan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain dari negara lain untuk alih teknologi, mengadakan riset bersama ataupun kerjasama dalam desain serta kegiatan operasional lainnya.
• Mendapatkan dan Mempertahankan Bakat Global: Perusahaan yang memiliki karyawan yang baik, dapat memberikan kesempatan karir yang lebih baik dengan cara beroperasi secara global sehingga dapat memper tahankan karyawa. Ketika ekonomi memburuk di satu negara atau benua, sebuah perusahaan global dapat memindahkan karayawan yang tidak dibutuhkan di satu lokasi ke lokasi yang lebih baik.
7. Perusahaan harus merumuskan dan menerapkan strategi dari perspektif lingkungan. Sebutkan
delapan cara perusahaan bisa melakukan hal ini.
• Memprakarsai diskusi kelompok antar para pemangku kepentingan.
• Stategi dasar CSR harus ditetapkan di tingkat eksekutif dan anak perusahaan dapat mengangkat strategi tersebut sesuai dengan lingkungan setempat.
• Melibatkan dan memberdayakan masyarakat dalam program pengembangan pasar dan pembentukan citra masyarakat dan dalam pengembangan rantai nilai.
• Untuk program CSR seperti program lingkungan atau yang memberikan manfaat tidak langsung dianjurkan agar perusahaan membentuk unit CSR yang terpisah dari bagian operasi di perusahaan
• Menetapkan program pembangunan masyarakat dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang mendukung pendidikan dasar dan kejuruan, keamanan lingkungan, kesejahteraan masyarakat, kesehatan dan keamanan masyarakat
• Secara berkala program Corporate Social Responsibility harus dievaluasi secara berkala untuk memastikan kesesuaian eksekusi program dengan apa yang telah direncanakan.
• Pelaporan kegiatan CSR yang efektif harus dipaparkan dengan jelas di media untuk mendorong lembaga dan perusahaan lain ikut serta melakukannya.
8. Apa hubungan antara etika pribadi dan etika bisnis? Jelaskan, atau haruskah mereka berkaitan?
Etika pribadi ini adalah etika yang berkaitan dengan kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri
Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba.[1][2] Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. ...
9. Haruskah organisasi nirlaba memposting rencana strategis di situs web mereka? Bagaimana
dengan korporasi? Mengapa?
tidak harus tergantung kebijakan mereka yang di sepakati
Manajemen Strategis Organisasi Nirlaba
Strategi Umum Strategi umum (corporate strategy) meliputi alternatif strategi pertumbuhan stabil, strategi pertumbuhan, harvesting strategy, defensive strategy (retrenchment strategy), dan strategi kombinasi (combination strategy).
Strategi Unit Strategi unit (bussiness unit strategyi) berfokus pada pengembangan strategi di tiap unit organisasi sehingga tiap unit mampu berkompetisi dan berhasil.
Merumuskan Strategi Banyak cara merumuskan strategi mencapai tujuan. Mintzberg, Ahlstrand, dan Lampel memberikan 10 cara memformulasikan strategi. John Bryson mengembangkan beberapa cara formulasi strategi.
Strategi Fungsional Strategi fungsional (functional strategy) menjalankan strategi umum dan strategi unit. Setiap unit fungsional mempunyai strategi pilihan, yang terkait dengan strategi umum. Karakteristik yang membedakan strategi fungsional dengan strategi umum dan strategi unit adalah waktu yang pendek, produk dan pelayanan yang lebih spesifik, dan melibatkan manajemen operasional.
Implementasi Strategi Pilihan strategi masih berupa konsep yang masih harus diterjemahkan menjadi program implementasi yang praktis. Banyak organisasi nirlaba yang dengan susah payah membuang waktu dan tenaga menyusun dan mencetak rencana strategis menjadi dokumen yang sangat menarik tetapi tidak menjadi kenyataan praktis.
Hambatan Implementasi Strategi Pelaksanaan strategi menghadapi banyak hambatan yang berasal dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal organisasi. Hambatan lingkungan eksternal meliputi politik, ekonomi, sosial, dan teknologi.
Kaporasi
1. Korporasi Publik Korporasi yang didirikan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan untuk memenuhi tugas-tugas administrasi di bidang urusan publik.6 Contoh, pemerintah kabupaten atau kota.
2. Korporasi Privat Korporasi yang didirikan untuk kepentingan privat/pribadi, yang dapat bergerak di bidang keuangan, industri, dan perdagangan. Korporasi privat ini sahamnya dapat dijual kepada masyarakat, maka ditambah dengan istilah go public.
3. Korporasi Publik Quasi Korporasi yang melayani kepentingan umum (Public Service). Contoh, PT Kereta Api Indonesia, Perusahaan Listrik Negara, Pertamina, Perusahaan Air Minum.7 Korporasi Publik Quasi, lebih dikenal dengan korporasi yang melayani kepentingan umum (public services). Berbeda dengan pengertian korporasi dalam hukum perdata, hukum pidana menambahkan yang "bukan badan hukum" yang belum ada dalam hukum perdata.
10. Berikan contoh hipotetis tentang penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan
produk untuk Toyota Motors.
1. Kekuatan (Strengths)
a. Memiliki lokasi perusahaaan yang strategis
b. Perusahaan memiliki citra yang baik
c. Memiliki tenaga kerja yang terampil
d. Citra merk mobil Toyota Innova yang baik
e. Menggunakan mesin Variable Valve Timing-Intelligent (VVT-i)
f. Memiliki sensor parkir yang akurat pada dasbor belakang mobil
g. Bentuk bodi yang aerodinamis dengan kenyamanan seperti sedan
2. Kelemahan (Weaknesses)
1. Bentuk bodi Innova yang dianggap terlalu besar
2. Persepsi masyarakat terhadap mobil Innova dianggap masih boros bahan bakar.
3. Harga relatif mahal
3. Peluang (Opportunities)
1. Kemajuan di bidang teknologi industry dengan menawarkan model dan tekhnologi yang baru
2. Brand image atau persepsi konsumen terhadap merk tinggi
3. Meningkatnya pendapatan masyarakat
4. Tingginya minat masyarakat untuk memiliki mobil
4. Ancaman (Threats)
1. Pesaing dari showroom lain yang menjual barang yang sama
2. Pesaing dari showroom industri otomotif lain yang menjual barang yang sejenis (merk lain)
3. Kenaikan tarif Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap mutu produk PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Di Kota Makassar, kemajuan di bidang teknologi industri, dan memiliki citra yang baik.
Kesimpulan
1. Strategi yang tepat untuk diterapkan oleh PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin dalam meningkatkan volume penjualannya adalah strategi agresif dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).
2. Kondisi PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Di Kota Makassar berada pada kuadran pertama, ini menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam kondisi yang sangat menguntungkan karena memiliki kekuatan sehingga dapat meraih beberapa peluang, yaitu makin tingginya kepercayaan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Your mind